Tentang Kami

@http://cdn-u.kaskus.us/40/lvkfjedd.jpg

Latar Belakang

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Walaupun keempat unsur pokok kebudayaan telah mencakup kehidupan moderen, yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, dan kekuasaan politik, tetap saja generasi muda lebih memilih meninggalkan kebudayaan yang ada dan cenderung terhanyut dalam gelombang budaya asing yang cenderung merusak fitrah generasi muda, serta menganggap budaya adalah hal yang kuno.

Salah satu generasi muda yang terancam nilai kebudayaannya, yang mana sebagai jati dirinya, adalah generasi minang, khususnya para perempuannya. Soekarno pernah mengatakan “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya”, atau dengan kata lain bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal asal-usul kebudayaannya. Masyarakat minang merupakan masyarakat yang matrilineal, yang mana peran seorang perempuan menjadi amat sangat penting dalam kelangsungan kebudayaannya.

Masyarakat minang mengenal sosok Bundo Kanduang yaitu limpapeh rumah nan gadang, umbun puruak pagangan kunci, umbun puruak aluang bunian, pusek jalo kumpuan tali, sumarak didalam kampuan, hiasan dalam nagari, nan gaadang nan basa batubah, kok hiduik tampek banasa, kok mati tampek baniat, kaunduang-unduang ka madinah, kapayuang panji ka saruga, ka pai ka tampek batanyo, ka pulang ka tampek baabrito.

Ungkapan tersebut memposisikan perempuan atau bundo kanduang dengan posis yang tinggi dan bergengsi. Dan dari situlah kami, komunitas Gadih Minang, akan mengajak adiak-adiak agar dibentuk menjadi generasi perempuan berkarakter bundo kanduang yang berlandaskan “Kami merupakan gabungan mahasiswi dari berbagai jurusan dan PTN di Bandung, yang siap membantu adiak-adiak dalam meraih cita-cita.

Tujuan

  • Melestarikan nilai-nilai budaya minang yang harus dimiliki seorang gadih minang.
  • Mempersiapkan duta-duta gading minang sebagai motivator adiak-adiak di kampuang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.
  • Menumbuhkan semangat “adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah”.
  • Membentuk rang gadih minang yang sesungguhnya.
  • Wadah pengikat tali silaturahmi generasi rang gadih minang masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: