Memilih tempat bimbingan belajar (bimbel)

@http://bisnisukm.com/wp-content/uploads/2010/05/bimbingan-belajar1.jpg

Setelah lulus UN, khusunya yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi pasti mulai berburu tempat bimbel. Tempat bimbel menawarkan pola belajar yang berbeda-beda, setiap tempat bimbel memiliki fokus yang beragam dalam mendidik peserta didiknya demi meraih cita-cita. Berikut Tips memilih tempat bimbel:

1. Keuangan

Hal pertama dan yang paling utama adalah keuangan atau dana, walaupun harga tidak menjamin kelulusan kita nantinya dalam menempuh SNMPTN. Namun, banyak tempat bimbel yang telah lebih dulu harum namanya dan banyak menghasilkan lulusan PTN dengan passing grade tinggi pasti memasang harga yang tinggi pula. Pastikan dana terlebih dahulu dikonsultasikan ke orang tua masing-masing.

2. Lokasi

Biasanya banyak siswa SMA yang telah selesai UN atau telah dinyatakan lulus UN akan memilih tempat bimbel yang berdekatan dengan PTN yang dituju. Tidak ada salahnya, karena kita dapat lebih dulu mengenal situasi kampus dan lingkungannya serta menjadi motivasi ketika melihat kakak-kakak yang telah berkuliah disana. Jika kita ingin mengambil jalan seperti ini, pastikan memiliki kenalan di lokasi yang dituju sebagai informan terpercaya terutama dalam mencari tempat tinggal sementara.

3. Tujuan

Tujuan kita harus jelas. Apa target kita, maksudnya PTN mana yang kita tuju. Jangan memilih tempat bimbel yang memiliki fokus lulus di UNPAD dan kita menargetkan ITB. UNPAD bersifat umum sedangkan ITB sudah menjurus kepada science yang tentunya  membutuhkan metode belajar khusus.

4. Kelas

Sedapat mungkin pilihlah kelas yang memiliki jumlah siswa yang sedikit. Semakin sedikit semakin leluasa kita belajar, tidak ada kebisingan, fokus terhadap materi pembelajaran, leluasa berinteraksi dengan staf pengajar.

5. Kos vs. Asrama

Beberapa tempat bimbel telah menyediakan asrama, dan yang lainnya tidak. Jika kita sanggup untuk belajar seharian penuh selama satu atau dua bulan, maka asrama merupakan pilihan yang cocok. Dan jangan paksakan diri, tetap pikirkan faktor psikologis dan kemampuan pribadi kita.

Sekian tips dari kami, jika adiak-adiak berkenan, kakak-kakak di 9adihminan9 siap membantu, khususnya yang menuju Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: